Minggu, 29 April 2012

BOTAK




Namanya faisal, aku telah berteman dengannya semenjak menyentuh pendidikan formal pertama, mungkin dia hingga kini tidak mengenalku, tapi aku kenal betul dengannya, orangnya sederhana, bahkan jika kau melihat dia.. maka sedetik kemudian , kau sudah lupa pernah bertemu dengannya.. tapi itu tidak akan terjadi. Karena dia memiliki sebuah keunikan.. yah lebih tepatnya kekurangan yang sangat mencolok..!! kepalanya botak..!! tidak sembarang botak. Kulit kepalanya mulus tanpa urat-urat yang timbul, warnanya putih cemerlang, permukaannya selalu terlihat seperti terlumuri minyak.. mengkilap, tapi sumpah kepalanya bersih bukan main…!! Bahkan mungkin kau tidak percaya, jika sinar matahari menerpa kepalanya, maka sinarnya dengan jelas akan terlihat memantul kesegala penjuru meski di siang bolong..!!!!


Saat tk, faisal adalah anak yang periang, kepala botaknya belum menjadi kekurangan baginya, malah membantu dia bergaul dengan teman-teman lainnya, yah.. begitulah anak kecil, belum ada ambisi, dunia hanya di lihat seperti mainan yang enak di pakai senang-senang hehe… satu lagi sifat faisal yang menjadi faktor mengapa aku tertarik dengannya, dia sungguh seorang yang peduli, bahkan jika harus mengorbankan dirinya demi kesenangan teman, akan dia lakukan, masih saja ku ingat ketika semua teman-teman wanita mengitarinya, lalu salah seorang  mengusap-usap kepalanya meniru gaya nenek sihir

"bola Kristal tunjukkan.. siapa yang akan menjadi artis diantara kami"

Salah seorang teman pun bersuara kecil menciut-ciut


"faisal tuan putri.."


Mendengar itu, semuanya tertawa terkikih.. faisal yang kepalanya di jadikan mainan pun tersenyum-senyum karena merasa di puji


"mirip artis siapakah dia kelak?"

"MIRIP MANDRA YANG DIBOTAKIN PAKE PARUTAN KELAPA..!!!"


Kwakakakakakakaka…!!! Serentak semuanya ngakak mendengar kelakar itu.. bahkan ada yang sampai memukul-mukul kepala faisal…! Tapi tetap faisal hanya tersenyum, bahkan terlihat senang melihat teman-temannya tertawa.. huh.. anak  yang unik..


Tapi setelah beranjak semakin besar, faisal mulai merasa botaknya adalah kekurangan, tertawaan yang terdengar di sekitarnya mulai mengusik dirinya, apa lagi saat memasuki masa sma, dimana dia mulai memiliki ketertarikan dengan lawan jenis, na'as.. wanita yang dia sukai ternyata anti botak apa lagi botak licin yang bisa memantulkan cahaya.


Yah.. aku memerhatikan perubahannya.. senyumnya mulai hilang, keceriaan berganti cemberut karena sakit hati mendengar ledekan-ledekan teman-temannya… bagaimana tidak..!! tiap hari selalu saja terdengar tawa yang berderai-derai karena meledek botaknya, selalu saja ada hal-hal yang di sangkut pautkan dengan botaknya.. mulai dari masuk kelas, semua teman akan menunggunya di depan pintu, lalu saat ia masuk , spontan semuanya menyipitkan mata. Lalu tangan di lambai-lambai seakan melindungi sesuatu dari pandangan dengan gaya yang di lebih-lebihkan mirip gerakan ala matriks


"hey…hey…aw…aw.. silau mennnn….. masih pagi gini ko' nyalain lampu sebesar ini… aw..aw… silau…!!!


Setelah itu, semuanya berlalu dengan suara tawa yang membahana menusuk relung hati faisal yang hanya bisa  diam.

Belum lagi jika faisal melewati kantin skolah, semua yang melihatnya pasti berteriak…


"oiii faisal..!!!  kesinilah…!!!! Bagi bagi telur asin mu itu…!! Masa' telur asin sebesar itu mau di habisin sendiri. wah…wah… mending di campur dengan mie ayam, makin ma'nyuusss… hahahahahaha…!!!"


Menanggapi semua itu, faisal hanya cuek-cuek saja, hanya sesekali tampak cemberut dan gerutuan kecil, tapi mereka yang sering menertawakannya tidak pernah tau, bahwa ada orang yang selalu terisak di mushollah sekolah saat waktu sholat dhuha datang..dia yang mencela-cela sendiri kepalanya yang botak.. tanpa pernah berpikir sekalipun untuk berniat balas dendam atas semua perlakuan teman-temanya, bahkan untuk mendo'akan buruk bagi mereka tidak pernah.. yah.. ia hanya menyesali kepala botaknya.


Tapi saat upacara sabtu ini, semua rahasia itu akan terungkap, ketidak sukaan faisal terhadap tertawaan teman-temannya akan terbuka dengan sangat memilukan..


Hari itu upacara berlangsung khidmat, kepala sekolah mulai berdiri di podium untuk memberikan wejangan-wejangan., tiba-tiba kepala sekolah berhenti berkhutbah.. kemudian tertawa terbahak-bahak di ikuti semua siswa-siswa yang melihat kearah pagar sekolah, ternyata disitu telah mematung faisal yang memakai rambut palsu. Huh harus ku akui akupun ikut tertawa, karena penampilannya hancur-hancuran, dia mirip simpanse berambut gondrong yang rambutnya di belah pantat.. sangat culun. Belum habis ketawa kami, hal yang tak terduga terjadi..!! mungkin permukaan kepala faisal yang tertutupi rambut palsu menjadi panas….!! Menyebabkan rambut itu berasap lalu menyemburkan api yang cukup besar. Rambut palsunya terbakar….!! Melihat itu, orang-orang malah makin keras ketawanya.. bahkan kepala sekolah pun jatuh terbaring karena ketawa, orang disebelah ku sampai-sampai menggigit dasinya agar menahan ketawa, hanya satpam yang sadar lalu mengguyur faisal dengan se ember aiir, Lagi..lagi.. ketawa makin keras saja…!! Tapi aku tidak. Aku sadar di tengah gemuruhnya suara tawa.. terselip kecil isak yang memilukan. Dan saat orang sadar dan mendengar isak itu,.. tertawa perlahan berhenti, faisal menatap mereka dengan tatapan sangat memillukan.. isaknya lama kelamaan menjadi tangis, besar..semakin besar. Hingga semua orang pucat mendengar tangisan faisal beserta gemuruh dadanya dan merah matanya menahan sakit hati, dan aku… sudah tertunduk tak berani melihat wajahnya yang sungguh penuh iba..


Semenjak itu, faisal tidak pernah lagi ada di sekolah, sekolah pun lengang tak ada sedikit pun yang berani  ketawa meskipun untuk hal-hal sepele apalagi menyangkut botaknya faisal.. dan aku sungguh merasa kehilangan, sebenarnya aku sudah lama ingin akrab dengan faisal karena aku yang paling mengenal dia semenjak tk, aku kagum terhadap kepeduliannya, tapi itulah aku dengan kekuranganku, tidak bisa bergaul dengan baik.


            Tiga hari telah berlalu, botak nya faisal belum nampak. Sinar pantulannya pun terasa belum sampai disekolah. Saat pelajaran kedua di hari itu, tiba-tiba sirene sekolah meraung kencang sekali.. diikuti suara kepala sekolah yang menderu-deru.. sepertinya ada hal penting yang harus di umumkan..!! tidak ada semenit, semua elemen sekolah telah berkumpul di tengah lapangan basket. Kepala sekolah dengan tergesa-gesa menuju podium yang dipakai untuk ceramah waktu upacara.

"para guru dan ananda sekalian kami memiliki berita yang sangat menggemparkan dan mengharu biru, salah satu siswa kita, botak, eh, faisal maksudnya, telah tertabrak truk..!!!!!"


Serempak semua kaget..!! tidak menyangka apa yang terjadi, bahkan ada yang sudah menangis karena mengingat banyaknya penghinaan yang telah dilakukan dan belum sempat meminta maaf.


"yah… kita tentunya berduka dengan itu, tapi ada yang harus kita banggakan, faisal bisa ditabrak truk karena telah menyelamatkan seorang anak kecil menggunakan ee… kepala botaknya..!! hemm… maaf,, saya juga kurang faham dengan itu.. untuk lebih jelasnya saya akan bacakan Koran pagi ini…!!!"


Mendengar itu sungguh kami bangga bercampur heran. Bagaimana dia bisa menolong seorang anak dengan kepalanya….??? Tapi semuanya menjadi jelas saat kepala sekolah membacakan Koran itu. Diketahui ternyata saat seorang anak kecil hampir di tabrak truk, tiba-tiba.. ada seorang yang lari dari jauh, lalu terbang dan dengan kepala botaknya dia mementalkan anak kecil itu keluar jalan, layaknya pemain bola menceploskan bola ke jala lawan sehingga anak itu bisa selamat namun, akibatnya dia yang ditabrak truk itu dengan sempurna. Dan sekarang faisal masih dirawat di RS pku. huh… sungguh sangat hebat..! namun membayangkan cara penyelamatan yang dilakukan faisal.. aku pun geli dan tersenyum kecil.


Hari itu sekolah libur, kami semua dipandu kepala sekolah untuk menjenguk faisal. Sesampai disana lagi lagi kami keheranan…?? jarak 30 km dari pku telah dipenuhi dengan mobil, semua channel tv yang ku tau berdatangan. Bahkan cnn datang memakai helicopter..!!! wauh…!! se geger inikah peristiwa penyelamatan faisal..?? aku menerka-nerka, mungkin gaya penyelamatan yang unik, membuat peristiwa ini menjadi geger tak karuan..! pun kurasa terlalu berlebihan sampai-sampai cnn datang. Akhirnya ke gegeran ini terungkap. Ternyata yang diselamatkan oleh faisal adalah cucu bapak presiden…..!!!!!! pantas beritanya telah merambah ke mancanegara Karena hal ini merupakan instruksi langsung dari president, dengan menarasikan penyelamatan memakai kepala botak yang diluar akal sehat…! tanggapan mencanegara pun tidak main-main..!!! semua kepala Negara memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada faisal dan pada umumnya kepada warga Indonesia yang memiiliki jiwa pahlawan yang luhur. utusan PBB bahkan sudah berupaya mengumpulkan biaya dari seluruh penjuru dunia untuk perawatan faisal… semua channel tv baik internasional, nasional, local, hingga radio sekecamatan memberitakan berita ini… betul-betul berita ini mencakup skala RT hingga masuk ke gedung putih lalu masuk ketelinga obama. Setiap kepala Negara langsung menggelar pidato kepresidenan menanggapi peristiwa yang dianggap sangat hebat ini, bahkan yang lebih gilanya lagi, semua kepala Negara berjanji akan datang ke Indonesia untuk bertemu faisal, dan menanyakan mengapa ia bisa sampai-sampai melakukan penyelamatan dengan menufer yang sangat canggih dan tak pernah terfikirkan oleh Einstein sekalipun.


Dan kali ini giliran kepala sekolah kami yang sumringah bak mawar merah mekar saat matahari bangun dari pembaringan, semenjak tau kalo semua kepala Negara dari segala penjuru dunia akan menemui faisal anak didiknya, dia mulai merencanakan pertemuan itu, saat upacara di sekolah tentunya. Di kepalanya telah terbayang upacara yang terbesar sedunia yang pernah dilakukan….!! Mengundang segala media massa dari berbagai macam Negara pula. wuah…!! matanya berbinar-binar membayangkan betapa terkenalnya nanti sekolah yang di pakai untuk pertemuan semua kepala Negara dengan sang anak mendadak terkenal.. si botak licin, faisal anak didiknya.. hauahahaha…!!! Yah... sekolah yang akan terkenal itu adalah sekolah yang dipimpinnya sekarang, otomatis sebagai kepala sekolah dia juga ikut kecipratan terkenal..!! bahkan, dua hari setelah menjenguk faisal, ku lihat kepala sekolah sedang merancang brosur pencalonan presiden…!!!! Slogannya tidak main-main "guru faisal.. guru teladan penanam jiwa kepahlawanan… jangan salah pilih..!!" ckckck…  sudah gila kekuasaan rupanya hehe.


Dan saat itu pun tiba. Di hari jum'at, semua element sekolah kembali di kumpulkan, kepala sekolah naik podium dengan badan tegap, gagah seperti takkan terogyahkan…! senyumnya dari tadi telah merekah, terus tanpa pernah berubah, bahkan sebelum ia naik di podium, senyumnya itu telah terpasang. Ku lihat juga beliau tersenyum saat makan roti dan menyuruput kopi pagi ini di kantornya, sungguh aneh..? bukannya bersimpati, aku malah menganggap dia kerasukan hantu yang matinya karena kebanyakan ketawa hehe.


"guru-guru yang saya banggakaaaaaannn sekaaaallliiii….!! Dan murid-murid yang saya amat sangat mencintai kalian dengan segenap jiwa raga saya hingga tetes darah penghabisan…!!!. Memiliki seorang murid yang sangat hebat bernama faisal merupakan sebuah anugerah dari sang maha kuasa…! anak yang memiliki jiwa kepedulian tinggi seperti arjuna ataupun gatotkaca, dialah murid yang tentunya menjadi kebanggaan kami dan menjadi ikon saya untuk melaju kepada pemilihan presiden nantinya hauauaua…!!!"


Mendengar tawanya itu kami semua malah heran dan tak mengerti..??


"eh. Ehm..ehm.. maaf, bapak salah bicara. Dan agar seluruh murid bisa mencontoh sikap kepahlawan faisal, maka pada hari sabtu nanti akan diadakan upacara akbar menghadirkan seluruh kepala Negara yang akan mendengar tuturan langsung dari pahlawan sekolah kita, si botak.. eh si faisal maksud saya. dan saya jamin dengan itu sekolah kita akan terkenal dan menjadi bentuk sekolah yang akan diteladani oleh semua macam pendidikan di dunia ini dan saya tentunya, akan ikut terkenal menjadi guru teladan sepanjang zaman dan menjadi kandidat terkuat untuk menajdi presiden priode mendatang huahahahahaha..!!!!


eh.. ehmm..ehm.. maaf bapak terlalu bersemngat.  Untuk itu sekolah di liburkan hingga hari sabtu mendatang, dan saya himbau sekali lagi… upacara  wajib di ikuti para siswa… jika ada yang kedapatan tidak ikut maka akan di keluarkan…!!!!


Sekian dan trima kasih.!!!"


Menunggu hari itu, jantungku berdegup kencang sangat kencang…!! Dan terus membayangkan apa yang akan faisal katakan ketika berbicara pada upacara akbar itu.. bodoh betul kepala sekolah..!! tidak kah dia pernah berpikir tentang apa yang akan di sampaikan faisal nanti, tidak menutup kemungkinan dia akan melampiaskan kekesalannya kepada semua orang yang pernah menertawai botaknya..!! dia akan mengadukan semua keluhannya hingga saat ini dan semua kepala Negara akan tau..!! malapetaka…!! Sekolah bisa-bisa ditutup dan kepala sekolah akan tetap terkenal namun sebagai terdakwa perusak psikologi anak yang diancam hukuman cambuk 500 kali….!!!, lamunan ku pun terus berputar mengandai-andai segala kemungkinan yang akan terjadi, sementara itu, di media masa peristiwa penyelamatan faisal masih menjadi berita populer bahkan mengilhami beberapa acara tivi, semisal  "andai aku jadi faisal" atau kuis "tebak kata faisal" hingga iklan susu "ingin jadi anak se peduli faisal…? Minum susu duncow…!!! susu penambah stamina berlari dan penguat batok kepala.. kepala anak anda akan sekuat baja….!! Kalo bukan sekarang kapan lagi..??"


Pagi di sabtu ini aku masih terjaga.. semenjak malam tadi mataku belum bisa tertutup, sepertinya di luar rumah pun denmikian, bunyi sirene bersahut-sahutan, helicopter mengitari langit dan kendaraan berjubel menutup jalanan…!! pagi ini aku berangkat dengan hekikopter…!! Huh sungguh hebat si faisal, berkat dia semua anak sekolah kami dinaikkan ke helicopter, dari atas ku lihat deretan kemacetan yang seperti ular tak putus-putus meliuk-liuk, melingkar-lingkar begitu panjang..!! sesampainya di sekolah, aku tercengang tak karuan, obama bercanda dengan khadafi, hussen pun sedang asik berdiskusi dengan ahmad dinejad dan masih banyak lagi kepala negara yang tidak ku tau namanya, bahkan sepertinya kepala suku Eskimo, penghuni kutub utara datang dengan membawa sekotak es agar tidak kepanasan.


Pagi itu sungguh sangat padat, dipenuhi oleh orang-orang berpakaian serba hitam, mondar-mandir sana-sini sok sibuk, padahal jika ku terka, kerja nya Cuma mengambilkan minum para kepala Negara. mata ku tertuju ke samping podium. Ku lihat seorang anak yang tertunduk, sedang membaca sebuah teks, itu dia faisal!, kepalanya tetap botak mengkilap, huh aku rindu dengannya. Tapi saat ini tidak mungkinlah aku bisa mendekat, bahkan mungkin untuk selamanya karena dia telah menjadi seorang yang lebih terkenal dari nona Diana sekalipun. tak apalah, kurasa itu juga hal yang baik buat dirinya, supaya tidak ada lagi yang berani meledek kepala botaknya. yah setidaknya aku bisa mendengar kalimat-kalimat terakhirnya di pagi ini, dia telah berdiri dengan wajah yang gugup.. badannya tambah gemuk kurasa.


"bapak-bapak, ibu-ibu, dan teman-teman sekalian"




Kalimat pertama yang terlontar dari mulut faisal, semua penerjemah serentak sibuk menerjemahkan kalimat itu agar dipahami oleh para kepala negara yang tidak mengerti bahasa Indonesia.


"apa yang kalian pikirkan saat melihat botakku ini?? Unik kan?? Lucu? Ingin pegang? Ingin ketawa? Kepalaku mirip lampu? Telur asin? Hayoo.. lucukan.. kenapa kalian tidak tertawa…? ayoo tertawa..!!!!"


Mendengar itu semua orang tertawa dengan sekencang-kencangnya, namun bukan karena lucu tapi karena takut,


faisal mengeluarkan aura yang menekan saat ini,, seketika setelah ketawa semua kembali hening dan memerhatikan kembali tiap tutur yang di ucapkan oleh faisal


"jika kalian yang memiliki botak ini, apakah kalian juga akan ketawa terbahak seperti tadi..? tidak usahalah ketawa, bisakah kalian hidup dengan santai ditengah deraian orang yang menertawai kepala botak kalian?, atau sebaliknya, kalian akan sedih, kecewa, memaki..dan menangis tiap hari karena memiliki kepala seperti ini…?? Bagaimana….?? Bapak presiden.. siapakah diantara kalian yang ingin menukar rambutnya dengan kepala plontos ku ini??"


Semuanya hanya bisa tertunduk… bahkan untuk kami teman-temannya, sedari tadi telah mengeluh panjang, muka terlipat menyesal… yah kaya'nya ramalan ku akan terwujud, faisal akan menelanjangi perbuatan kami terhadapnya… dengar saja.. dia sudah mulai terisak.. hei..!! tapi ada yang aneh.. dia juga tersenyum…!!??


"huh.. itu juga yang kurasakan dulu.. aku sangat malu dengan kepalaku… hari-hari terasa berat mendengar ledekan orang, bahkan kepala botakku menjadi penghalang diriku untuk bisa berdekatan dengan wanita yang pertama kali dalam hidup ku mengisi lamunan ku.. sangat sedih bukan.. kekurangan yang mencolok… kekurangan yang memuakkan…!!!


"Tapi saat ini, bahkan.. jika semua orang yang hadir disini menawarkan rambut yang terbaik untuk mengganti kepala botak ku maka akan ku tolak mentah..mentah..!!! sumpah..!!! aku tidak akan pernah mau..!!!

Kami semua menahan nafas.. apa yang dipikirkan faisal???


"Yah.. karena telah kutemukan dibalik buruknya botak ini, ada tanda cinta yang begitu besar dari yang menciptakan botak ini untukku.. yah cinta itu membuatku menangis bersyukur di tiap malam ku saat masih di rawat di  pku.. setelah mengalami peristiwa itu aku mulai menyadari betapa beruntungnya aku memiliki kepala botak ini.. perlu kalian ketahui,, nyawaku bisa terselamatkan dengan adanya botak ini, kata doker.., sebuah mukjizat, kepalaku tak pecah saat di tabrak truk.. dan benar saja.. kulit kepalaku bahkan lebih keras dari baja..!!!"


Kami semua tercengang… baru ku tau ada hal yang seperti itu…


"setelah saat itu, aku mulai berfikir, kenapa selama ini aku hanya berfikir hal-hal yang buruk dari botak ku ini, padahal sepertinya banyak hal-hal yang baik yang tidak sadar telah kulalui dengan kepala botak ku.. hingga suatu siang aku membaca sepotong cerita tentang khalifah umar bin abdul aziz yang menyuruh pelayan anaknya untuk mencukur habis rambut anaknya.. hal itu dilakukan untuk menjadi hukuman buat anaknya karena sering masbuk sholat sebab terlalu lama menyisir rambutnya. Dari sini aku sudah mulai sadar bahwa botak ini bukan sebuah kekurangan.. melainkan anugrah….!!!


Dengan botak kepala ku, aku tidak perlu membuang-buang waktu untuk menyisir.. mungkin terdengarnya sepele.. tapi coba fikirkan, jika dalam sehari kita bersisir menghabiskan waktu 15 menit saja.. maka berapa banyak waktu yang telah kita habiskan dalam seminggu untuk bersisir, bagaimana jika sebulan.. bagaimana jika setahun bagaimana jika seumur hidup kita…!!! Yah banyaknya waktu yang di pakai untuk menyisir itu, bisa ku manfaatkan pada hal-hal yang lebih berguna, ku gunakan untuk datang tepat waktu ke mesjid, membaca hal-hal yang bermanfaat, belajar, berbuat baik dan masih banyak pekerjaan lainnya yang lebih bermanfaat dibanding hanya menyisir rambut…!!!. Juga ku sadari, jika dalam sehari kita akan mengeluarkan uang dua ribu lima ratus untuk membeli sampo dan keramas 3x dalam seminggu.. maka berapa banyak uang yang di keluarkan dalam sebulan, dua bulan, 1 tahun, sepuluh tahun bahkan seumur hidup kita untuk membeli sampo.. tentunya bermilyar-milyar bukan…?? nah dengan begitu, aku yang tidak memiliki rambut akan menghemat uang sampo yang bermilyar-milyat itu, dan bisa kumanfaatkan pada hal-hal yang jauh lebih bermanfaat dari pada membeli sampo….!! Dengan uang itu, aku bisa membantu orang yang tak mampu, menyekolahkan anak yang terlantar dan hal-hal lain yang berguna buat orang lain…..!!!!


Kami semua menganga mendengar penjelasan faisal, bahkan ku lihat seluruh mata kepala Negara tak berkedip…!!! mereka melongo, mencerna buah pikiran yang sungguh sulit dibayangkan lahir dari seorang anak yang belum tammat sma… dan tentunya satu hal yang pasti, kami mulai mengaguminya dan mengintropeksi diri kami yang betul-betul telah tercambuk oleh kata-kata faisal yang benar adanya


"kalaupun tidak bisa sejauh itu, tidak bisa se efisien itu.. maka setidaknya, dengan kepala botak ku ini, mengurangi rasa iri orang terhadapku, tak ada orang yang merasa minder karena membandingkan rambutnya dengan rambutku yang mungkin lebih bagus.. tidak ada seperti itu..!! bahkan dengan kepala ini aku bisa menyenangkan orang.. membuat hal-hal lucu atau menjadi latihan kesabaran ku ketika di ledek, yang dengan kesabaran itu, sang maha kuasa akan menghapus dosa-dosa ku dan menambah pahala ku…  maka dengan alasan apalagi aku harus membenci botak ku yang penuh dengan anugrah dan tanda bahwa Dia Allah sungguh sangat mencintai ku?"


Faisal menutup pidatonya dengan suara isak haru penuh syukur.. kami semua memandang dia penuh kagum, sosok sederhana namun bijaksana… aku sendiri mengeluarkan air mata. aku mulai juga meyadari hal-hal yang kuanggap sebagai kekurangan ku pasti memiliki banyak manfaat jika aku mau melihat sedikit dari kebaikannya dan mensyukuri yang sedikit itu, seperti yang dilakukan oleh faisal. Tidak hanya aku saja, para kepala Negara pun mendapatkan banyak pelajaran dari faisal bahkan setelah mendengar pidatonya, semuanya bersepakat untuk menetapkan bahwa hari sabtu tanggal 12 november ini, menjadi hari botak sedunia dimana orang harus merasa tidak memiliki rambut..!!, sehingga uang shampoo dikumpulkan lalu di berikan kepada orang yang membutuhkan, juga waktu untuk menyisir, pada hari botak sedunia, dipakai untuk membantu membersihkan lingkungan sekitar, saling gotong royong menciptakan suasana bersih dan tentram… hari itu serempak dilakukan di seluruh dunia dan di pantau langsung oleh kepala Negara….!!! Yah… kau lihat dialah faisal, anak botak yang mengajari semua orang tentang beryukur terhadap kekurangan.


    ***

Pak darno, kepala meneger bank bni, mengusap air matanya setelah membaca tulisan cerita hidupnya, kemudian ia, menutup buku harian yang telah ia simpan sejak masa sma. Dari mobil sedan hitam, dia keluar dengan menenteng dua tas besar berisi uang dua milyar, di tanggal 12 november ini dia akan mengenang jasa temannya semasa sma dulu dengan menyumbangkan uang itu ke panti asuhan.. teman yang telah merubah hidupnya dan hidup banyak orang, teman yang telah mengajarinya bersyukur terhadap kekurangan yang ada.. teman yang mengajari peduli dan mencintai..

0 komentar:

Poskan Komentar

bagi yang tau kesopanan, silahkan berkomentar

 
;